Selasa, 29 Oktober 2013

Teknologi Pulp Dan Kertas


Tak bisa di pungkiri kertas menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Tahukah bagaimana cara membuat kertas secara teknologi. Di sini akan kita bahas teknologi kertas mulai dari dasar.
Kertas terbagi atas : - kertas indusatri, contoh : krapt,medium dll
- kertas budaya, contoh : print, hvs,tulis dll
- kertas security, contoh : segel,materai,uang dll
Secara umum teknologi kertas terbagi atas :
stock preparation--- aproach flow--- head box--- wire--- press--- before dryer---size press
--- after dryer--- calendering---pope reel--- rewinder--- finishing/converting

Stock preparation : Proses pembuburan, bisa dengan daur ulang kertas bekas atau dari kayu
langsung lewat penghancuran kayu dengan alat refiner chips ( kayu
dibikin serpihan (chiper)), kemudian dilunakan dengan dengan cara
kimia atau mechanical.
Untuk kertas putih bisa digunaan proses deinking( proses penghilangan
Tinta/bekas cat cetakan).
Aproach Flow : Proses pencucian dan penyaringan buburan kertas, dimana pada proses di
sini biasanya dilakukan penambahan chemical, sesuai dengan kebutuhan/ karakteristik kertas yang akan dibuat, denganconsistency 3 % - 4 %.
Head Box : Tempat keluarnya buburan dengan consistency 0.85 % - 1 %,
Wire : Proses pembentukan lembaran kertas dengan bantuan pemakuman, dan merupakan proses pengeluaran air yang pertama (drainage),yang diharapkan keluar dai wire part consistency menjadi8 % - 12%.
Press : Proses pengepresan/ pengeluaran air dengan bantuan felt dan emakuman. Biasanya pada proses ini bisa dibuat 2 atau 3 pengepresan tergantung kebutuhan dan aplikasinya. Keluar dari proses pengepresan diharapkan consistenci 30 % - 50 % (drainagenya 70 % - 50 %).
Before Dryer : Proses pengeringan dengan penambahan steam untuk mendapatkan panas yang dinginkan, drainage/moisture yang diharapkan keluar dari before dryer 12 % - 7 %.
Size Press : Proses sizing, proses penambahan chemical yang biasanya disini ditambahkan stach yang berfungsi untuk menambah kekuatan kertas, keluar dari size press diharapkan moisturenya 20 % 17 %.
After dryer : Proses pengeringan kembali mosture yang diharapkan 9 %- 7 %.
Calendering : Proses pengepresan dengan roll khusus,untuk meningkatkan smootnes (kelicinan) pada permukaan kertas. Moisture dijaga 9 % - 7 %.
Pope Reel : Proses penggulungan kertas yang merupakan proses akhir dari proses paper machine. Biasanyan dalam 1 jumbo terdiri dari 1 sampai 5 winding. Satu winding tegantung length yang diinginkan dari rewinder.
Rewinder : Penggulungan kembali,dari jumbo roll dipotong lagi lebarnya sesuai dengan kebutuhan.
Finishing/converting : Proses ini sebetulnya sudah terpisah dari paper machine disini mau dibikin apa kertas yang masih berbentuk gulungan roll.

0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...