Nama Program Studi
|
:
|
Ilmu Administrasi Publik / Negara (S1)
|
Rumpun Ilmu
|
:
|
Ilmu Sosial Humaniora
|
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan
|
:
|
¤ Administrasi Publik / Negara
|
Gelar/Sebutan Lulusan
|
:
|
Sarjana Administrasi Publik atau Sarjana Administrasi Negara
atau Sarjana Sosial
|
Singkatan Gelar sesuai EYD
|
:
|
S.A.N. atau S.A.P. atau S.IAN atau S.IAP atau S.Sos.
|
Singkatan Gelar yang populer (digunakan
masyarakat/umum)
|
:
|
S.AN. atau S.AP. atau S.IAN. atau S.IAP. atau SSos.
|
PTS Penyelenggara (silakan klik)
|
:
|
|
Beban Studi dan Masa Studi
|
:
|
|
Lulusan SMA/SMU, SMK,
sederajat melanjutkan ke
S1 Ilmu Administrasi Publik / Negara
|
Beban Studi = 144 - 152 sks
|
Masa Studi =
8 semester
|
Lulusan D3, Politeknik,
sederajat melanjutkan ke
S1 Ilmu Administrasi Publik / Negara
|
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program
studinya)
|
Masa Studi =
3 semester
|
Lulusan D2, S1, D1, pindahan
melanjutkan ke
S1 Ilmu Administrasi Publik / Negara
|
Beban Studi = dihitung dari
sisa sks
|
Masa Studi =
Dihitung sisa sks
|
|
Kurikulum/Mata Kuliah
|
:
|
Lihat di bawah ini
|
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir
Lulusan)
|
:
|
Lihat di bawah ini
|
Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum
tentu digunakan PTS terkait).
Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang
digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku
(tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya,
namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari
peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan
rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang
merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan
perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu
yang dibuat pemerintah.
Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut,
masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer
dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi
alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi
Ilmu Administrasi Publik / Negara (S1) yang disampaikan disini adalah
irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi,
sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan
terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
Prospektus S1
Administrasi Negara
(Administrasi Publik)
|
Administrasi negara adalah seluruh proses yang dilakukan
organisasi maupun perseorangan yang berkaitan dengan penerapan atau
pelaksanaan hukum dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif,
eksekutif serta peradilan, terutama proses bagaimana kebijakan itu
diimplementasikan.
Ilmu administrasi negara semakin berkembang dan di dunia kerja
semakin dibutuhkan sejalan dengan era globalisasi, teknologi
informasi dan komunikasi yang memberikan pemahaman tentang pendekatan
ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis dan memecahkan
masalah-masalah implementasi kebijakan.
Kompetensi
Lulusan S1 Administrasi Negara
Lulusan Program Studi Administrasi Negara memiliki
kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti
Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Daerah,
Kepemimpinan, Administrasi Keuangan, Public Opinion dan Kebijakan Public,
Akuntansi Sektor Publik, Perbendaharaan Negara, e-Government, Desain
Organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.
Lulusan Program Studi Administrasi Negara dibekali dengan kemampuan,
ketrampilan, etika, dan pengetahuan tentang sistem administrasi negara,
pemerintahan daerah, birokrasi dan demokrasi, keuangan negara, ekonomi
politik, akuntabilitas publik dan pengawasan, keuangan daerah, manajemen
pelayanan umum, administrasi pembangunan, manajemen perkotaan, administrasi
lingkungan, kebijakan publik, hukum administrasi negara, administrasi
kepegawaian negara, kepemimpinan, e-government, perencanaan dan manajemen
stratejik dalam sektor publik, dsb; serta kemampuan untuk mengelola
berbagai jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil
keputusan stratejik.
Kompetensi dasar Sarjana Administrasi Negara adalah memiliki kualitas dan
integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun
moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa
ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan
mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus
belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti
persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya;
mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat
menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang
administrasi negara; dapat menyelesaikan masalah secara logika,
memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep
untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam
kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu
berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan
bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang
ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang
administrasi negara, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang
administrasi negara, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi
di tingkat lebih lanjut.
Lulusan Administrasi Negara memiliki kompetensi intelektual, manajerial dan
behavior untuk masalah-masalah publik sehingga mampu membangun administrasi
dan manajemen publik yang bercirikan "good governance"; kemampuan
mengidentifikasi, menganalisis, dan menangani masalah-masalah publik
berdasarkan landasan metodologis; memiliki wawasan futuristik dan
sistematik; kemampuan membuat terobosan-terobosan melalui pemikiran kretif
dan inovatif dalam rangka memberdayakan peran serta masyarakat; serta
kemampuan mengembangkan public-private partnership dan beorientasi pada
pemenuhan kebutuhan dan kepuasan warga.
Profesi
dan Karir Lulusan S1 Administrasi Negara
Sarjana
Administrasi Negara dapat bekerja dan berkarir di semua lembaga pemerintah
dan non pemerintah seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi
pemerintah, lembaga keuangan, lembaga pelayanan publik (swasta maupun
pemerintah), sebagai administrator profesional, ahli Otonomi Daerah, ahli
Manajemen Pengembangan Bisnis, anggota DPR/D, analis, peneliti, wartawan,
akademisi/dosen, pemimpin/manajer, dsb.
Sarjana Administrasi Negara dapat bekerja menjadi perencana pembangunan di
instansi pemerintah pusat (BAPPENAS), pemerintah propinsi atau
kabupaten/kota (BAPPEDA), atau di perusahan-perusahan negara (BUMN) dan
instansi lainya.
Menjadi pemimpin atau manajer di instansi pemerintah khususnya bidang
kepegawaian, logistik, perkantoran, sistem informasi, manajemen humas,
pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (Persero, Perum, Perjan), Pengawasan
(Inspektorat Jenderal dan Inspektorat Wilayah).
Menjadi dosen/pengajar bidang Administrasi Negara dan Pemerintahan di
PTN/PTS atau pusat-pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat).
Dapat bekerja pada perusahaan-perusahaan yang terkait dengan dengan publik/masyarakat
atau terkait pelayanan dan politik, khususnya pada program community
development (pengembangan masyarakat).
Berwiraswasta (Entreprenuer) menjadi konsultan administrasi dan politik
yang handal, dsb.
Mata Kuliah S1
Administrasi Negara
(Administrasi Publik)
|
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
Mata Kuliah
|
SKS
|
Administrasi dan Manajemen Keuangan Sektor Publik *
|
3
|
Administrasi dan Manajemen Strategik Sektor Publik *
|
3
|
Administrasi Kepegawaian *
|
2
|
Administrasi Keuangan Negara
|
3
|
Administrasi Pembangunan
|
3
|
Administrasi Pemerintahan di Daerah
|
3
|
Agensi, Kuasa, dan Politik Indonesia *
|
3
|
Analisis Administrasi Negara
|
3
|
Analisis Dampak Pembangunan *
|
2
|
Analisis Kebijakan Publik *
|
2
|
Analisis Manajemen *
|
3
|
Analisis Kebijakan Publik *
|
3
|
Antropologi Ekologi *
|
3
|
Antropologi Ekonomi dan Industri *
|
3
|
Antropologi Kependudukan *
|
3
|
Antropologi Pembangunan *
|
3
|
Aplikasi Komputer & Internet
|
2
|
Azas-Azas Manajemen
|
3
|
Bahasa Inggris I
|
2
|
Bahasa Inggris II
|
2
|
Bahasa Inggris III *
|
2
|
Bahasa Inggris IV *
|
2
|
Corporate Social Responsibility dan Community
Development *
|
3
|
Dasar Metodologi Penelitian
|
3
|
Dasar-dasar Akuntansi *
|
2
|
Dasar-dasar Kebijakan Publik
|
3
|
Dasar-dasar Logika dan Filsafat Ilmu
|
3
|
Demokrasi dan Demokratisasi *
|
3
|
Ekologi Administrasi Negara *
|
2
|
Ekologi Kota *
|
3
|
Ekonomi Pembangunan *
|
3
|
Ekonomi Politik *
|
3
|
Elite Politik *
|
3
|
Etika Administrasi
|
3
|
Etika Sosial dan Politik
|
2
|
Etnografi Indonesia *
|
3
|
Evaluasi dan Pengawasan Pembangunan *
|
3
|
Gerakan Sosial dan Politik Identitas *
|
3
|
Hukum Administrasi Negara *
|
3
|
Hukum Ketenagakerjaan *
|
2
|
Hukum Tata Negara *
|
2
|
Ide-Ide Politik Alternatif Globalisasi di Negara
Berkembang *
|
3
|
Ilmu Alamiah Dasar
|
2
|
Ilmu Budaya Dasar
|
2
|
Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik *
|
3
|
Kajian Birokrasi dan Politik *
|
3
|
Keasistenan Administrasi Negara *
|
3
|
Kebijakan dan Kualitas Pelayanan *
|
|
Kebijakan dan Manajemen Publik *
|
3
|
Kebijakan Publik
|
3
|
Kebudayaan Sunda *
|
2
|
Kebudayaan Jawa *
|
2
|
Kemitraaan dalam Tatakelola Pemerintahan *
|
3
|
Kepemimpinan
|
3
|
Kesejahteraan Sosial *
|
3
|
Kewirausahaan
|
2
|
Komunikasi dan Multikulturalisme *
|
3
|
Komunikasi Organisasi *
|
2
|
Kontrol masyarakat a/s Tindakan Administrasi *
|
2
|
Kosmopolitanisme, Nasionalisme dan Fundamentalisme *
|
3
|
Kuliah Kerja Nyata
|
3
|
lisis dan Manajemen Aset Daerah *
|
3
|
Manajemen Kearsipan dan Perkantoran *
|
3
|
Manajemen Proyek *
|
2
|
Manajemen Sumber Daya Manusia
|
3
|
Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik *
|
3
|
Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan *
|
3
|
|
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Masalah Sosial *
|
3
|
Masalah-masalah Kependudukan *
|
3
|
Metodologi Penelitian Administrasi
|
3
|
Metodologi Penelitian Sosial *
|
3
|
Metodologi Penelitian Kualitatif *
|
3
|
Metodologi Penelitian Kuantitatif *
|
3
|
Organisasi Administrasi Internasional *
|
3
|
Organisasi dan Manajemen
|
3
|
Organisasi Internasional *
|
3
|
Pemikiran Kekuatan Politik Indonesia *
|
2
|
Pemikiran Politik Indonesia *
|
3
|
Pendidikan Agama
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
Pendidikan Pancasila
|
2
|
Pengantar Antropologi *
|
2
|
Pengantar Ilmu Administrasi Negara
|
3
|
Pengantar Ilmu Ekonomi *
|
3
|
Pengantar Ilmu Hukum *
|
3
|
Pengantar Ilmu Politik
|
3
|
Pengantar Psikologi Sosial *
|
3
|
Pengantar Sosiologi
|
3
|
Pengantar Statistik Sosial
|
3
|
Pengelolaan Konflik *
|
3
|
Pengembangan Kelembagaan *
|
3
|
Perbandingan Administrasi Negara
|
3
|
Perbandingan Pemerintahan Daerah
|
2
|
Perencanaan Jejaring *
|
3
|
Perencanaan Pembangunan
|
3
|
Perilaku Organisasi
|
3
|
Perilaku Politik *
|
3
|
Perubahan Masyakat dan Kebudayaan *
|
3
|
Perubahan Sosial *
|
3
|
Politik di Kota *
|
3
|
Politik Gender dan Demokrasi *
|
3
|
Problema Pembangunan *
|
3
|
Psikologi Industri dan Organisasi *
|
3
|
Public Relation *
|
2
|
Representasi Politik dan Perilaku Legislatif *
|
3
|
Resolusi Konflik Global *
|
3
|
Riset dan Pengukuran Kebijakan Publik *
|
3
|
Riset dan Pengukuran Kualitas Pelayanan *
|
3
|
Sistem Administrasi Negara RI *
|
3
|
Sistem Ekonomi Indonesia
|
3
|
Sistem Hukum di Indonesia *
|
3
|
Sistem Informasi Manajemen *
|
3
|
Sistem Perencanaan, Pemrograman, dan Penganggaran *
|
3
|
Sistem Politik Indonesia
|
3
|
Sistem Sosial Budaya Indonesia *
|
2
|
Sosiologi Hukum *
|
3
|
Sosiologi Organisasi *
|
3
|
Sosiologi Pedesaan *
|
3
|
Sosiologi Perkotaan *
|
3
|
Statistik Sosial I (Inferens) *
|
3
|
Statistik Sosial II (Non Parametrik) *
|
3
|
Studi Kepustakaan Terbimbing Administrasi Negara *
|
3
|
Studi Strategis Indonesia II : Politik Luar Negeri *
|
3
|
Teknik Penulisan Ilmiah *
|
2
|
Tenaga Kerja dan Mobilitas *
|
3
|
Teori dan Isu Pembangunan *
|
2
|
Teori Administrasi Negara
|
3
|
Teori Kebijakan Publik *
|
3
|
Teori Pembangunan *
|
2
|
Teori Pengembangan Organisasi *
|
2
|
Teori Perbandingan Politik *
|
3
|
Teori Perencanaan dan Pengendalian *
|
3
|
Teori-Teori Politik Kontemporer *
|
3
|
Tugas Akhir (Skripsi)
|
6
|
|
|
|
|
|
0 komentar
Posting Komentar
Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...