Senin, 24 Maret 2014

Ilmu Pertanian (S-1)

Ilmu Pertanian (S-1)
Kurikulum / Mata Kuliah dan Prospektus (Profesi, Kompetensi, Karir Lulusan) 
P2K (Program Perkuliahan Karyawan, Kelas Karyawan, Kuliah Karyawan/Pegawai, dan Ekstensi)

Lihat juga :   » Daftar/Tabel Program Studi       » Program Studi Lainnya
Nama Program Studi
:
Ilmu Pertanian (S-1)
Rumpun Ilmu
:
Ilmu Pertanian
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan
:
¤ Ilmu Pertanian
¤ Agribisnis / Agrobisnis
¤ Agroindustri
¤ Teknologi Pangan
Gelar/Sebutan Lulusan
:
Sarjana Pertanian atau Sarjana Agribisnis atau Insinyur
Singkatan Gelar sesuai EYD
:
S.P. atau S.Agr. atau Ir.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum)
:
SP. atau SAgr. atau Ir.
PTS Penyelenggara (silakan klik)
:
Beban Studi dan Masa Studi
:

Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Ilmu Pertanian
Beban Studi = 144 - 152 sks
Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Ilmu Pertanian
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Ilmu Pertanian
Beban Studi = dihitung dari sisa sks
Masa Studi =
Dihitung sisa sks
Kurikulum/Mata Kuliah
:
Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan)
:
Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).
 

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.
 

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.
 

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Ilmu Pertanian (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.
 
Prospektus S1 Ilmu Pertanian
(Agribisnis, Agroindustri, Teknologi Pangan)
Kompetensi Lulusan S1 Ilmu Pertanian
Lulusan Program Studi Ilmu Pertanian dibekali dengan pengetahuan, etika profesi, ketrampilan dan kemampuan menginintegrasikan produksi usahatani (on farm) dan pendukungnya (sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk dan alat mesin pertanian), pengolahan hasil pertanian (agroindustri), distribusi dan pemasaran hasil pertanian beserta kelembagaan pendukungnya (penyuluhan, komunikasi dan informasi, pembiayaan, investasi, birokrasi), serta teknologi pangan industri dan pengolahan makanan. 

Lulusan Ilmu Pertanian memiliki keterampilan dan kemampuan mengelola/menangani bidang teknologi pangan seperti berikut ini.
§  Bidang Produksi
Mengatur jalannya proses produksi bahan makanan pada suatu industri pengolahan makanan sehingga kualitas produk dapat terjamin, efisiens dan menguntungkan.
§  Bidang Reseach dan Development
Mengadakan penelitian dan pengembangan sistem pengolahan dan produk untuk improvisasi dan inovatif dengan proses pengolahan yang baik ke arah efisiensi.
§  Bidang Kontrol Kualitas
Melakukan monitoring dan pengendalian kualitas yang mencakup kebutuhan bahan baku, bahan penolong, bahan pengawet dan produk sesuai dengan kualitas dan keamanan.
§  Bidang Quality Anssurance
Melakukan pengendalian dan pengontrolan serta merancang spesifikasi bahan-bahan dalam pengolahan, mesin, peralatan dan prosedur pengolahan untuk menjadi mutu dan keamanan produk pangan yang terjamin.
§  Bidang Rancang Bangun Mesin dan Peralatan Industri Pangan
Melakukan perencanaan dan perancangan mesin, dan peralatan proses pengolahan yang efektif, efisien dan aman sesuai dengan standar kualitas.
§  Bidang Managemen dan Marketing Produk Pangan
Melakukan pengaturan dan pengendalian serta pembelian dan pemasaran bahan baku, bahan penolong dan produk yang terlibat dalam proses pengolahan makanan.


Lulusan Ilmu Pertanian memiliki keterampilan dan kemampuan mengelola/menangani bidang agroindustri dan agribisnis, yaitu :
§  Memiliki kemampuan menggunakan, merancang dan mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri.
§  Memiliki kemampuan mengelola sistem agroindustri meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi.
§  Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif.
§  Memiliki kemampuan merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian)
§  Memiliki kemampuan melakukan proses transpormasi infut (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode)
§  Mampu mengadakan penelitian dan pengembangan sistem agroindustri untuk improvisasi dan inovatif dengan proses pengolahan yang baik ke arah efisiensi.
§  Mampu melakukan monitoring dan pengendalian kualitas yang mencakup kebutuhan bahan baku, bahan penolong, bahan pengawet dan produk sesuai dengan kualitas dan keamanan.
§  Mampu melakukan pengendalian dan pengontrolan serta merancang spesifikasi bahan-bahan dalam pengolahan, mesin, peralatan dan prosedur pengolahan untuk menjadi mutu dan keamanan produk pertanian yang terjamin.
§  Memiliki kemampuan melakukan perencanaan dan perancangan mesin, dan peralatan proses pengolahan yang efektif, efisien dan aman swsuai dengan standar kualitas.
§  Mampu melakukan pengaturan dan pengendalian serta pembelian dan pemasaran bahan baku, bahan penolong dan produk yang terlibat dalam proses pengolahan pada agroindustri.
§  Memiliki kemampuan melakukan penanganan pasca panen hasil pertanian, mengolah hasil pertanian, melakukan sanitasi dan pengawasan, menjalankan manajemen industri pertaniann, dan mampu melaksanakan kewirausahaan.
§  Menguasai ketrampilan teknis dan manajerial tentang budidaya, seperti penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, pengendalian hama penyakit gulma, panen dan pasca panen serta kompetensi manajerial dan kewirausahawan.
§  Memiliki pengetahuan dan apresiasi pada sistem biologi atau pertanian yang digunakan sebagai dasar penerapan teknologi dan keteknikan.
§  Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknologi pada pengolahan hasil pertanian dan membuat pendekatan untuk upaya pemecahan masalah serta evaluasinya.
§  Memiliki kemampuan merancang sistem dan proses dengan memperhatikan aspek-aspek gizi, ekonomi, sosial dan dampak lingkungannya.
§  Memiliki kemampuan berkomunikasi, melakukan pembelajaran secara mandiri dan membangun kerjasama.
§  Memiliki jiwa wirausaha yang menguasai teknologi dengan profesionalisme tinggi serta mampu mengadopsi dan menjadi inovator yang peka dan tanggap terhadap perkembangan teknologi industri pertanian, sehingga mampu memanfaatkan peluang usaha yang didasari pertimbangan keilmuan.
§  Memiliki jiwa sosial dan profesionalisme yang bertanggungjawab untuk memecahkan permasalahan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.
§  Merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai macam pekerjaan pada agroindustri.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Ilmu Pertanian adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang ilmu pertanian; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang ilmu pertanian, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang ilmu pertanian, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Ilmu Pertanian
Sarjana Ilmu Pertanian dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai perencana, perekayasa, praktisi, tenaga ahli, manajer/staff, konsultan, peneliti, quality control, supervisi atau analis, dsb, pada berbagai bidang, terutama pada bidang :
§  Industri hasil tanaman perkebunan : industri gula, kopi, teh, coklat, dsb.
§  Industri hasil tanaman hortikultura : industri pengolahan dan pengawetan buah-sayur.
§  Industri produk fermentasi : alkohol, sorbitol, HFS, bir, MSG, makanan tradisional dsb.
§  Industri hasil peternakan : industri pengolahan susu, corned beef, daging kaleng, sosis, nugget, pakan ternak, dsb.
§  Industri hasil perairan : industri pengalengan dan pengolahan hasil perairan (ikan air tawar, ikan laut seperti sarden/mackerel, tuna, udang, kerang, rumput laut dsb).
§  Industri hasil tanaman pangan : industri pangan instan, roti/bakery, flour mills, dsb.
§  Industri produk minuman dan makanan ringan : air kemasan, soft drink, syrup, confectionery, jam & jelly, snack & crackers, pangan ekstruksi dsb.
§  dsb.

Sarjana Ilmu Pertanian dapat bekerja dan berkarir sebagai peneliti atau analis pada lembaga / balai penelitian atau dosen di Perguruan Tinggi atau Lembaga Pendidikan Pelatihan Profesional; sebagai pengawas gizi di berbagai perusahaan, dsb.
 

Menjadi technopreneur atau entrepreneur (wiraswasta) dengan mendirikan jasa konsultan atau kontraktor di bidang pertanian, pangan, agrobisnis dan agroindustri, di bidang industri dan pengolahan hasil pertanian; mendirikan restoran dan catering (jasa boga), dsb.
 
Mata Kuliah S1 Ilmu Pertanian
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan 
Mata Kuliah
SKS
Agribisnis (Agrobisnis)
2
Agribisnis Tanaman Hortikultura *
2
Agribisnis Tanaman Pangan *
2
Agribisnis Tanaman Perkebunan *
2
Agroekologi *
2
Agroklimatologi
3
Agrowisata *
1
Akuntansi Manajemen
2
AMDAL Proyek Agribisnis *
2
Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) *
2
Analisis Mutu Benih *
3
Analisis Pangan *
3
Analisis Regresi dan korelasi *
2
Aplikasi Teknologi Informasi Pertanian
3
Arsitektur Pertamanan (Landscape) *
3
Bahan Tambahan Makanan *
2
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris I
2
Bahasa Inggris II *
2
Bahasa Inggris III *
2
Bahasa Inggris IV *
2
Bercocok Tanam Tanaman Keras *
3
Biokimia Tanaman *
3
Biologi
2
Biologi Tanah *
3
Biologi Tumbuhan *
3
Biologi Umum *
2
Bioremediasi Tanah *
2
Bioteknologi Tanaman
3
Bisnis Internasional *
3
Botani Umum *
3
Budidaya Aeroponik dan hidroponik *
2
Budidaya Buah-buahan *
3
Budidaya Bunga dan Tanaman Hias *
3
Budidaya Oleh Tanah Konservasi *
2
Budidaya Sayur-sayuran *
3
Budidaya Tanaman Berwawasan lingkungan *
3
Budidaya Tanaman Hias *
2
Budidaya Tanaman hortikultura *
2
Budidaya Tanaman Industri dan Perkebunan *
2
Budidaya Tanaman Pangan *
3
Budidaya Tanaman Penghasil Energi Nabati *
2
Budidaya Tanaman Perkebunan Tahunan *
3
Budidaya Tanaman Sayur dan Buah *
3
Budidaya Tanaman Semusim *
3
Budidaya Tanaman Tahunan *
3
Dasar-Dasar Agronomi
3
Dasar-Dasar Budidaya Tanaman
3
Dasar-dasar Hortikultura *
3
Dasar-Dasar Ilmu Tanah
3
Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman
3
Demografi Terapan *
2
Desain & Model Produk Pangan *
3
Ekologi Manusia *
2
Ekologi Tanaman *
3
Ekonometrika *
3
Ekonometrika Terapan *
3
Ekonomi Manajerial *
3
Ekonomi Pertanian
2
Ekonomi Produksi *
3
Ekonomi Regional *
3
Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan *
3
Ekonomi Sumberdaya Manusia *
2
Etika Profesi dan Bisnis
2
Evaluasi Proyek *
3
Filsafat Ilmu Pertanian
2
Fisika Dasar
2
Fisiologi Pasca Panen *
2
Fisiologi Tumbuhan dan Perkembangan Tanaman *
2
Genetika *
3
Geografi Tanah *
3
Gizi dan Pangan *
2
Hara Tanaman *
2
Hubungan Tanah, Air dan Tanaman *
2
Hukum Ketenagakerjaan
4
Ilmu Gulma *
3
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
2
Ilmu Tanah Pertanian *
3
Informasi Sumber Daya Lahan *
3
Institutional Development & Capacity Building *
2
Irigasi dan Drainase *
2
Keanekaragaman Hayati *
2
Kebijakan Bisnis *
2
Kependudukan *
2
Kerja Praktek
2
Kesuburan dan Kesehatan Tanah *
3
Kewirausahaan
2
Kimia Dasar
3
Kimia Fisika Tanah Terapan *
2
Komunikasi Agribisnis *
3
Komunikasi Antar Budaya *
3
Komunikasi Pembangunan Pertanian *
2
Konservasi Lahan dan Air *
3
Koperasi Agribisnis *
2
Kuliah Kerja Nyata (Magang)
3
Kultur In Vitro Tan *
3
Kultur Jaringan *
3
Lembaga Keuangan dan Pembiayaan Agribisnis *
3
Manajemen Agribisnis
3
Manajemen Konflik *
3
Manajemen Pemasaran *
2
Mata Kuliah
SKS
Manajemen Produksi dan Operasi Agribisnis *
3
Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis *
2
Manajemen Sumberdaya Manusia
2
Manajemen Tataniaga *
2
Manajemen Teknologi Agribisnis *
2
Manajemen Usahatani
3
Matematika Ekonomi
2
Mekanisasi Pertanian *
2
Metode Analisis Kualitatif *
3
Metode Analisis Kuantitatif *
3
Metode Pemberdayaan Masyarakat *
3
Metodologi Penelitian Ilmu Pertanian
2
Mikrobiologi Pertanian *
2
Modal dan Rekayasa Sosial *
3
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan *
2
Organisasi dan Kepemimpinan *
3
Pascapanen Hasil Pertanian *
2
Pemasaran Agribisnis *
3
Pembangunan Pertanian
3
Pemberdayaan Masyarakat *
3
Pembiakan Vegetatif *
3
Pembiayaan Agribisnis *
2
Pemuliaan dan Industri Perbenihan *
3
Penanganan Limbah *
2
Pendidikan Agama
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
Pendidikan Pancasila
2
Pengantar Ekonomi Pertanian
2
Pengantar Ilmu Pertanian
2
Pengantar Komunikasi Pertanian *
2
Pengantar Pengembangan Partisipasi Masyarakat *
3
Pengantar Teknologi Pangan *
2
Pengebangan Masyarakat Agribisnis *
3
Pengelolaan air *
2
Pengelolaan Gulma dan Teknik Aplikasi Pestisida *
3
Pengelolaan Hama *
2
Pengelolaan Penyakit *
2
Pengelolaan Perkebunan *
2
Pengelolaan Tanah dan Air *
2
Pengenalan Jasad Pengganggu *
3
Pengetahuan Bahan Pangan *
2
Penyuluhan Pertanian *
3
Perancangan Percobaan *
3
Perbankan *
2
Perdagangan Internasional *
2
Perencanaan dan Evaluasi Proyek Agribisnis *
3
Perencanaan Industri Pangan *
3
Perencanaan Wilayah *
3
Perlindungan Tanaman *
3
Pertanian Berkelanjutan *
3
Pertanian Perkotaan dan Tata Taman *
2
Perubahan Sosial dan Budaya *
3
Peternakan dan Perikanan *
2
Politik Pertanian
2
Praktikum Analisis Pangan *
1
Praktikum Biokimia Pangan *
1
Praktikum Desain dan Model Produk Pangan *
1
Praktikum Kimia Analitik *
1
Praktikum Kimia Dasar
1
Praktikum Teknologi Pengolahan Pangan Hewani *
1
Praktikum Teknologi Pengolahan Pangan Nabati *
1
Produksi Benih *
2
Radiasi Biologi *
2
Rancangan Tata Ruang *
2
Rekayasa Agribisnis
3
Rekayasa Agrowisata *
3
Reklamasi Lahan *
2
Riset Operasional
3
Sanitasi dan Keamanan Pangan *
2
Satuan Operasional Industri Pangan *
3
Seminar
1
Sistem Agribisnis *
2
Sistem Informasi Manajemen Agribisnis *
2
Sistem Pertanian Berkelanjutan *
3
Sosiologi
3
Sosiologi Pedesaan *
2
Sosiologi Pembangunan Pariwisata *
2
Sosiologi Pertanian *
2
Statistika dan Probabilitas
3
Supply Chain Management *
2
Tataniaga Pertanian *
3
Teknik Konservasi Tanah dan Air *
3
Teknik Perbanyakan vegetatif *
2
Teknologi Benih *
3
Teknologi Biofuel *
2
Teknologi Fermentasi *
2
Teknologi Kultur jaringan
3
Teknologi Media Tanaman *
2
Teknologi Pasca Panen *
2
Teknologi Pembukaan dan Penyiapan Lahan *
2
Teknologi Pemupukan *
3
Teknologi Pengawetan *
2
Teknologi Pengemasan *
2
Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
3
Teknologi Pengolahan Pangan Hewani *
3
Teknologi Pengolahan Pangan Nabati *
3
Toksikologi *
2
Tugas Akhir (Skripsi)
5
Undang-undang Sistem Budidaya Tanaman *
2
Usahatani *
3
Zat Pengatur Tumbuh *
2


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...