Senin, 13 Juli 2015

Port USB Tipe C di MacBook dan Chromebook Pixel Terbaru, Apa Saja Keuntungannya


Apple menjadi perusahaan teknologi pertama yang menyematkan port USB terbaru Tipe C pada produk teranyarnya, yakni Macbook 12 inch. Tak selang berapa lama, Google pun menyaingi Apple dengan meluncurkan Chromebook Pixel 2015 yang juga dilengkapi dengan port USB Tipe C.

Tentu menjadi pertanyaan besar seberapa canggih sih port USB Tipe C sehingga Apple dan Google menggunakan port tersebut? Terlebih untuk saat ini, Apple dan Google menjadi satu-satunya perusahaan yang mengadopsi penggunaan port USB Tipe C. Nah, kalau penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari port USB terbaru itu.

Pengisian power lebih tinggi dan lebih cepat
Manfaat pertama yang diperoleh dengan port USB Tipe C adalah kemampuan chargingnya yang lebih baik. Tak hanya lebih cepat, USB Tipe C juga mampu mengirimkan power yang lebih besar dibandingkan port USB biasa. Dengan begitu, port USB Tipe C ini juga bisa digunakan sebagai sarana pengisian baterai untuk gadget dengan ukuran yang lebih besar.
Lebih tepatnya, port USB Tipe C ini mampu mentransfer tegangan sebesar 20 V dengan arus sebesar 5A. Dan tak hanya bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget berukuran lebih besar, port terbaru ini juga memungkinkan pengisian baterai beberapa baterai sekaligus pada waktu yang bersamaan.
Kecepatan transfer data
Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari port USB Tipe C ini adalah kemampuannya dalam melakukan transfer data. Dibandingkan port USB 3.0, port USB Tipe C ini pun bahkan memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Port tersebut lebih tepatnya bisa menghadirkan kecepatan transfer data mencapai 10Gbps, dua kali kecepatan yang dimiliki oleh port USB 3.0.
Dengan kecepatan transfer yang tinggi itu, port USB Tipe C ini juga bisa dipakai sebagai sarana untuk menggantikan peran DisplayPort ataupun HDMI. Bahkan transfer video pun bisa dilakukan secara dua arah, baik menampilkan video dari ponsel ke PC atau sebaliknya.
Desain baru
Kehadiran port USB Tipe C ini juga memberikan revolusi pada desain port USB yang saat ini dipakai di pasaran. Secara ukuran, port USB Tipe C ini mempunyai ukuran yang hampir sama dengan versi mungil dari port USB 2.0.
Namun port USB Tipe C bisa digunakan secara reversibel seperti yang dijumpai pada port Lightning dan mempunyai 18-pin yang diklaim mempunyai ketahanan yang sama jika dibandingkan dengan micro USB. Dan yang pasti, port USB Tipe C ini tidak menjadi hak ekslusif sebuah perusahaan. Jadi dalam beberapa waktu mendatang, akan mulai banyak bermunculan produk elektronik yang bakal menggunakan port USB terbaru ini.


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...