Jumat, 10 Juli 2015

Susah Menelan Tandai Kanker Payudara dan Esofagus




Fakta bahwa kanker payudara bisa saja menyerang pria merupakan sebuah hal yang dianggap remeh, karena penyakit tersebut identik dengan perempuan. Oleh sebab itu, sosialisasi mengenai gejala kanker payudara pada pria masih sangat diperlukan.
Kanker payudara pada pria tidak hanya ditandai oleh tumbuhnya benjolan pada dada, ketiak, selangkangan, atau perubahan terhadap ukuran testis saja, namun kesulitan dalam menelan juga bisa jadi merupakan salah satu gejala kanker payudara.
Seperti yang dilansir oleh m.webmd.com, kesulitan dalam menelan makanan bisa jadi merupakan salah satu gejala bahwa seorang pria manderita kanker esophagus, atau kanker payudara yang telah menyebar melalui kelenjar limfa.
Kanker yang telah menyebar melalui kelenjar limfa berarti telah melewati collarbone. Dengan demikian, penderta bisa saja telah berada pada kanker stadium III. Tidak hanya kesulitan dalam menelan, tetapi biasanya pada kanker payudara yang telah menyebar juga ditemukan benjolan di daerah leher.
Sayangnya, banyak penderita cenderung tidak peduli dengan gejala tersebut, dan sesegera mengubah makanan menjadi cairan agar lebih mudah dalam menelan makanan. Padahal, hal tersebut tidak banyak membantu tubuh.
Apabila Anda merasakan hal tersebut dan tidak mengalami perubahan dalam waktu yang lama, Anda sangat disarankan untuk menemui dokter Anda.
Apabila Anda masih belum  yakin, Anda bisa meminta untuk mendapatkan pemeriksaan sinar-X untuk mengetahui gambaran pada leher Anda. Anda juga bisa memeriksakan diri Anda pada dokter spesialis untuk memeriksa esophagus dan daerah atas GI.
Oleh: Nastiti Prima


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...