Sabtu, 09 November 2013

Agribisnis / Agrobisnis (S-1)

Agribisnis / Agrobisnis (S-1)
Kurikulum / Mata Kuliah dan Prospektus (Profesi, Kompetensi, Karir Lulusan)
P2K (Program Perkuliahan Karyawan, Kelas Karyawan, Kuliah Karyawan/Pegawai, dan Ekstensi)


Nama Program Studi
:
Agribisnis / Agrobisnis (S-1)
Rumpun Ilmu
:
Ilmu Pertanian
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan
:
¤ Agrobisnis / Agribisnis
Gelar/Sebutan Lulusan
:
Sarjana Pertanian atau Sarjana Agribisnis atau Insinyur
Singkatan Gelar sesuai EYD
:
S.P. atau S.Agr. atau Ir.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum)
:
SP. atau SAgr. atau Ir.
PTS Penyelenggara (silakan klik)
:
Beban Studi dan Masa Studi
:

Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Agribisnis / Agrobisnis
Beban Studi = 144 - 152 sks
Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Agribisnis / Agrobisnis
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Agribisnis / Agrobisnis
Beban Studi = dihitung dari sisa sks
Masa Studi =
Dihitung sisa sks
Kurikulum/Mata Kuliah
:
Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan)
:
Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Agribisnis / Agrobisnis (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda. 
Prospektus S1 Agribisnis / Agrobisnis
Agribisnis muncul sebagai ilmu pengetahuan yang berkembang melalui keterpaduan berbagai sektor ekonomi yang bersumber dari sumber daya hayati.

Agribisnis adalah sistem yang terintegrasi pada aktivitas produksi usahatani (on farm) dan pendukungnya (sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk dan alat mesin pertanian), pengolahan hasil pertanian (agroindustri), distribusi dan pemasaran hasil pertanian, serta kelembagaan pendukung (penyuluhan, komunikasi dan informasi, pembiayaan, investasi, birokrasi).
Kompetensi Lulusan S1 Agribisnis
Lulusan Program Studi Agribisnis dibekali dengan pengetahuan, etika profesi, ketrampilan dan kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengorganisasi (mengelola) sistem dan usaha agribisnis secara berkelanjutan berdasarkan etika bisnis; memiliki kemampuan mengimplementasikan (menerapkan) dan mengembangkan agribisnis berbasis pertanian berkelanjutan serta berkomunikasi dan menjalin kerjasama secara efektif; memiliki kemampuan mengidentifikasi permasalahan, memfasilitasi, memediasi dan mengembangkan kapasitas masyarakat agribisnis dalam sistem sosial, ekonomi dan nilai-nilai budaya lokal; memiliki kemampuan berpikir analitik untuk mengidentifikasi, merumuskan masalah dan akar masalah serta mengambil prakarsa untuk mencari solusi berbasis ilmiah dalam sistem agribisnis yang berkelanjutan; memiliki kemampuan dalam Bahasa Inggris dan memiliki wawasan kemandirian/kewirausahaan; dan secara menyeluruh memiliki kemampuan mengintegrasikan produksi usahatani (on farm) dan pendukungnya (sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk dan alat mesin pertanian), pengolahan hasil pertanian (agroindustri), distribusi dan pemasaran hasil pertanian beserta kelembagaan pendukungnya (penyuluhan, komunikasi dan informasi, pembiayaan, investasi, birokrasi), serta teknologi pangan industri dan pengolahan makanan.

Lulusan Agribisnis juga memiliki keterampilan dan kemampuan mengelola/menangani bidang teknologi pangan seperti berikut ini.
§  Bidang Produksi
Mengatur jalannya proses produksi bahan makanan pada suatu industri pengolahan makanan sehingga kualitas produk dapat terjamin, efisiens dan menguntungkan.
§  Bidang Reseach dan Development
Mengadakan penelitian dan pengembangan sistem pengolahan dan produk untuk improvisasi dan inovatif dengan proses pengolahan yang baik ke arah efisiensi.
§  Bidang Kontrol Kualitas
Melakukan monitoring dan pengendalian kualitas yang mencakup kebutuhan bahan baku, bahan penolong, bahan pengawet dan produk sesuai dengan kualitas dan keamanan.
§  Bidang Quality Anssurance
Melakukan pengendalian dan pengontrolan serta merancang spesifikasi bahan-bahan dalam pengolahan, mesin, peralatan dan prosedur pengolahan untuk menjadi mutu dan keamanan produk pangan yang terjamin.
§  Bidang Rancang Bangun Mesin dan Peralatan Industri Pangan
Melakukan perencanaan dan perancangan mesin, dan peralatan proses pengolahan yang efektif, efisien dan aman sesuai dengan standar kualitas.
§  Bidang Managemen dan Marketing Produk Pangan
Melakukan pengaturan dan pengendalian serta pembelian dan pemasaran bahan baku, bahan penolong dan produk yang terlibat dalam proses pengolahan makanan.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Agribisnis adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang agribisnis; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang agribisnis, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang agribisnis, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Agribisnis
Sarjana Agribisnis dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai perencana, perekayasa, praktisi, tenaga ahli, manajer/staff, konsultan, peneliti, quality control, supervisi atau analis, dsb, pada berbagai bidang, terutama pada bidang :
§  Industri hasil tanaman perkebunan : industri gula, kopi, teh, coklat, dsb.
§  Industri hasil tanaman hortikultura : industri pengolahan dan pengawetan buah-sayur.
§  Industri produk fermentasi : alkohol, sorbitol, HFS, bir, MSG, makanan tradisional dsb.
§  Industri hasil peternakan : industri pengolahan susu, corned beef, daging kaleng, sosis, nugget, pakan ternak, dsb.
§  Industri hasil perairan : industri pengalengan dan pengolahan hasil perairan (ikan air tawar, ikan laut seperti sarden/mackerel, tuna, udang, kerang, rumput laut dsb).
§  Industri hasil tanaman pangan : industri pangan instan, roti/bakery, flour mills, dsb.
§  Industri produk minuman dan makanan ringan : air kemasan, soft drink, syrup, confectionery, jam & jelly, snack & crackers, pangan ekstruksi dsb.
§  dsb.

Sarjana Agribisnis dapat bekerja dan berkarir sebagai peneliti atau analis pada lembaga / balai penelitian atau dosen di Perguruan Tinggi atau Lembaga Pendidikan Pelatihan Profesional; sebagai pengawas gizi di berbagai perusahaan, dsb.

Menjadi technopreneur atau entrepreneur (wiraswasta) dengan mendirikan jasa konsultan atau kontraktor di bidang agrobisnis, pertanian, dan pangan; di bidang industri dan pengolahan hasil pertanian; mendirikan restoran dan catering (jasa boga), dsb. 
Mata Kuliah S1 Agrobisnis (Agribisnis)
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum 
Mata Kuliah
SKS
Agribisnis (Agrobisnis)
2
Agribisnis Tanaman Hortikultura *
2
Agribisnis Tanaman Pangan *
2
Agribisnis Tanaman Perkebunan *
2
Agroklimatologi
3
Akuntansi Biaya *
2
Akuntansi Manajemen
2
AMDAL Proyek Agribisnis *
2
Aplikasi Teknologi Informasi di Agribisnis
3
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris
2
Bahasa Inggris II *
2
Bahasa Inggris III *
2
Bahasa Inggris IV *
2
Biologi
2
Bisnis Internasional *
3
Botani Umum *
3
Budidaya Tanaman Pangan *
3
Budidaya Tanaman Perkebunan Tahunan *
3
Budidaya Tanaman Sayur dan Buah *
3
Dasar-Dasar Agronomi
3
Dasar-Dasar Akuntansi
2
Dasar-Dasar Budidaya Tanaman
3
Dasar-Dasar Ilmu Tanah
3
Dasar-Dasar Manajemen
2
Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman
3
Demografi Terapan
2
Ekologi Manusia *
2
Ekonometrika *
3
Ekonometrika Terapan *
3
Ekonomi Makro
3
Ekonomi Manajerial *
3
Ekonomi Mikro
3
Ekonomi Pertanian
2
Ekonomi Produksi *
3
Ekonomi Regional *
3
Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan *
3
Ekonomi Sumberdaya Manusia
2
Etika Profesi dan Bisnis
2
Evaluasi Proyek *
3
Filsafat Ilmu Agrobisnis
2
Fisika Dasar
2
Fisiologi Tumbuhan *
3
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
2
Ilmu Tanah Pertanian *
3
Industri Ritel Modern *
2
Institutional Development & Capacity Building *
2
Kebijakan Bisnis *
2
Kewirausahaan
2
Kimia Dasar
3
Komunikasi Agribisnis *
3
Komunikasi Antar Budaya *
3
Komunikasi Pembangunan Pertanian *
2
Koperasi Agribisnis *
2
Kuliah Kerja Nyata (Magang)
3
Lembaga Keuangan dan Pembiayaan Agribisnis *
3
Manajemen Agribisnis
2
Manajemen Konflik *
3
Manajemen Pelatihan *
3
Mata Kuliah
SKS
Manajemen Produksi dan Operasi Agribisnis *
3
Manajemen Rantai Pasokan *
2
Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis *
2
Manajemen Sumberdaya Manusia
2
Manajemen Tataniaga *
2
Manajemen Teknologi Agribisnis
2
Manajemen Usahatani
3
Matematika Ekonomi
2
Metode Analisis Kualitatif *
3
Metode Analisis Kuantitatif *
3
Metode Pemberdayaan Masyarakat *
3
Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi
3
Modal dan Rekayasa Sosial *
3
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan *
2
Organisasi dan Kepemimpinan *
3
Pemasaran Agribisnis *
3
Pembangunan Pertanian
3
Pemberdayaan Masyarakat *
3
Pembiayaan Agribisnis *
2
Pemuliaan dan Industri Perbenihan *
3
Pendidikan Agama
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
Pendidikan Pancasila
2
Pengantar Ekonomi Pertanian
2
Pengantar Ilmu Ekonomi
2
Pengantar Ilmu Pertanian
2
Pengantar Komunikasi Pertanian *
2
Pengantar Pengembangan Partisipasi Masyarakat *
3
Pengantar Statistika *
3
Penyuluhan Pembangunan *
3
Penyuluhan Pertanian *
3
Peramalan/Prediksi Bisnis *
3
Perbankan *
2
Perdagangan Internasional
2
Perencanaan dan Evaluasi Program *
3
Perencanaan dan Evaluasi Proyek Agribisnis *
3
Perencanaan Wilayah *
3
Perlindungan Tanaman *
3
Perubahan Sosial dan Budaya *
3
Politik Pertanian
2
Rekayasa Agribisnis
3
Rekayasa Agribisnis Lanjut 1 *
3
Rekayasa Agribisnis Lanjut 2 *
3
Rekayasa Agrowisata *
3
Riset Operasional
3
Seminar
1
Sistem dan Rekayasa Agribisnis
3
Sistem Informasi Manajemen Agribisnis *
2
Sistem Pertanian Berkelanjutan *
3
Sistem Subak *
3
Sosiologi Pedesaan *
2
Sosiologi Pembangunan Pariwisata *
2
Sosiologi Pertanian
2
Statistika dan Probabilitas
3
Supply Chain Management *
2
Tataniaga Pertanian *
3
Teknik Konservasi Tanah dan Air *
3
Teknologi Hasil Pertanian *
2
Tugas Akhir (Skripsi)
5

Program Studi/Jurusan & Konsentrasi/Peminatan
(Kurikulum / Mata Kuliah dan Prospektus (Profesi, Kompetensi, Karir Lulusan))
di PTS-PTS Penyelenggara Program Perkuliahan Karyawan 

(P2K, Kelas Karyawan/Eksekutif, Kuliah Karyawan/Pegawai, Reguler Khusus, Ekstensi)

Terdapat 58 program studi di bawah ini beserta konsentrasi / peminatan / kekhususannya serta PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang memiliki/menyelenggarakan program studi tersebut (beserta Kurikulum, Prospektus, dsb).

Silakan klik nama program studinya untuk melihat kurikulum beserta prospektusnya (prospek karir, kompetensi, dsb).
Silakan klik PTS-nya untuk melihat program studi di PTS terkait (beserta prospektus dan kurikulum/matakuliah di PTS terkait)

No.
Program Studi
Konsentrasi/Peminatan/Kekhususan
PTS Penyelenggara Program Studi
1
Agrobisnis / Agribisnis
2
Agroindustri
Agroteknologi (Teknologi Industri Pertanian)
3
Hukum Perdata Islam (Akhwal al Syakhsiyyah (Syariah))
4
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Sektor Publik
Akuntansi Syariah
Pemerikasaan Akuntansi (Auditing)
Perpajakan
Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
5
Akuntansi
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Keuangan Daerah
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Perpajakan
Akuntansi Sektor Publik
Akuntansi Syariah
Keuangan dan Perbankan
Keuangan dan Perbankan Syariah
Pasar Uang dan Pasar Modal
Pemerikasaan Akuntansi (Auditing)
Perpajakan
Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
6
Arsitektur (Teknik Arsitektur)
7
Bahasa dan Sastra Inggris
8
Desain Komunikasi Visual
9
Farmasi
Farmasi Klinik dan Komunitas
Farmasi Sains dan Teknologi (Industri)
10
Hubungan Internasional
11
Administrasi Bisnis / Niaga
Akuntansi dan Manajemen Keuangan
Manajemen Sistem Informasi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Marketing / Pemasaran
12
Administrasi Publik / Negara
13
Ilmu Hukum
Praktisi Hukum
Hukum Bisnis
14
Ilmu Kesejahteraan Sosial
15
Ilmu Komunikasi
Hubungan Masyarakat (Humas/Public Relations/PR)
Jurnalistik
Penyiaran
Periklanan (Advertising)
16
Ilmu Pertanian
Agribisnis / Agrobisnis
Agroindustri
Teknologi Pangan
17
Ilmu Peternakan
18
Ilmu Politik
19
Keuangan dan Perbankan
20
Komputer Akuntansi (D-3)
SIA - Sistem Informasi Akuntansi (D-3)
21
Manajemen Akuntansi
Manajemen Bisnis
Manajemen Industri / Operasional
Manajemen Keuangan
Manajemen Operasional
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pendidikan
Manajemen Perusahaan
Manajemen Publik/Administrasi Publik
Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
22
Akturia
Manajemen Akuntansi
Manajemen Bisnis
Manajemen Kepariwisataan
Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan dan Perbankan
Manajemen Keuangan Syariah
Manajemen Operasional
Manajemen Pemasaran
Manajemen Perusahaan (Operasional)
Manajemen Produksi / Operasi
Manajemen Publik
Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
Manajemen Transportasi
Manajemen Transportasi Laut
23
Manajemen Informatika (D-3)
Application Programmer (D-3)
Database Administrator (D-3)
Komputer Grafik (D-3)
Network Administrator (D-3)
System Analysis (D-3)
System Designer (D-3)
Web Programmer (D-3)
24
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
25
Pendidikan Bahasa Inggris
26
Pendidikan Biologi
27
Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD)
28
Pendidikan Matematika
29
Pendidikan Olahraga, Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (OPJKR)
30
Pendidikan PPKN
31
Psikologi
Psikologi Pendidikan
32
Sistem Informasi
Analisis dan Desain Sistem
Analisis dan Desain Sistem Informasi untuk Bisnis
Application Programmer
Database Administrator
Komputer Grafik
Konsultan Pengembangan Sistem
Multimedia
Network Administrator
Rekayasa Perangkat Lunak Kedirgantaraan
SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem Informasi untuk Bisnis
System Analysis
System Designer
Web Programmer
33
Sosiologi
Sosiologi Industri
Sosiologi Lingkungan
Sosiologi Pembangunan
34
Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
35
Teknik Tenaga Listrik (D-3)
Teknik Elektronika (D-3)
36
Teknik Elektronika
Teknik Elektronika Industri
Teknik Energi Listrik
Teknik Sistem Komputer
Teknik Sistem Kontrol
Teknik Telekomunikasi
37
Teknik Industri
K3 Industri (Keslmt. dan Kesehatan Kerja)
Manajemen Industri
Sistem Manufaktur
Sistem Pemeliharaan
Teknik Manajemen Logistik
38
Teknik Informatika
Analisis dan Desain Sistem Informasi untuk Bisnis
Application Programmer
Artificial Intelligent
Database Administrator
Internet
Jaringan/Networking
Komputer Grafik
Konsultan Pengembangan Sistem
Multimedia
Network Administrator
Programing
Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem Multimedia
System Analysis
System Designer
Web Programmer
39
Teknologi Kimia
Perancangan Pabrik
Proses Industri
Teknologi Silikat (Keramik, Semen dan Gelas)
40
Teknik Komputer (D-3)
Application Programmer (D-3)
Artificial Intelligent (D-3)
Internet (D-3)
Jaringan/Networking (D-3)
Komputer Grafik (D-3)
Network Administrator (D-3)
Rekayasa Perangkat Lunak (D-3)
System Analysis (D-3)
System Designer (D-3)
Teknik Sistem Komputer (D-3)
Web Programmer (D-3)
41
Teknik Komputer
Application Programmer
Database Administrator
Komputer Grafik
Network Administrator
Rekayasa Perangkat Lunak
Sistem Jaringan Komputer
Sistem Komputer
Sistem Multimedia
System Analysis
System Designer
Web Programmer
42
Teknik Mesin
Konversi Energi
Mekatronika (Elektro Mekanik)
Robotika (Kontrol Mekanik)
Teknik Industri
Teknik Manufaktur
Teknik Mesin Konstruksi
Teknik Produksi
43
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Planologi
44
Teknik Perkapalan
Hidrodinamika
Konstruksi dan kekuatan
Perencanaan dan Transportasi Laut
Teknik Produksi Kapal
45
Teknik Perminyakan
46
Teknik Sipil
Struktur
Teknik Keairan
Teknik Konstruksi
Teknik Transportasi
47
Teknologi Pangan
Industri dan Pengolahan Makanan
48
Usaha Perjalanan Wisata (Bisnis Pariwisata & Perhotelan) D-3
49
Perbandingan Agama (Ushuludin)
50**
Analis Farmasi dan Makanan
--------
51**
Analis Kesehatan
--------
52**
Desain Produk Industri
--------
53**
Gizi
--------
54**
Kebidanan
--------
55**
Keperawatan
--------
56**
Keperawatan
--------
57**
Kesehatan Masyarakat
--------
58**
Manajemen Pelayanan Rumah Sakit
--------


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...