Kamis, 08 Mei 2014

Tips Menggunakan Layanan Cloud Storage


Penyimpanan data secara virtual ini menjadi pilihan untuk menyiasati minimnya kapasitas hardisk. Trend penyimpanan data secara virtual namun nyata dikenal dengan istilah cloud computing. Google pun sudah menyediakan fitur cloud computing, begitu juga dengan Apple. Google terkenal dengan nama Google drive, sedangkan Apple lebih terkenal dengan nama Dropbox. Keduanya memiliki fungi yang sama, yaitu sebagai media penyimpanan. Syarat untuk menggunakan layanan cloud storage adalah koneksi internet.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang Anda perhatikan sebelum Anda menggunakan layanan Cloud Storage.

Tips Menggunakan Layanan Cloud Storage




Biaya yang harus dikeluarkan
Biaya yang harus dikeluarkan untuk penyimpanan online didasarkan pada jumlah kapasitas yang digunakan dan durasi pemakaian. Beberapa penyedia layanan Cloud Storage bahkan menawarkan beberapa GB secara cuma-cuma. Google drive misalnya memberikan 15 GB gratis untuk layanannya.

Layanan dan dukungan pelanggan
Customer Service (CS) penting untuk pelanggan, misalnya untuk tanya-jawab atau ketika terjadi masalah. Dengan adanya CS maka keluahan dan permasalahan dapat segera dilaporkan dan direspon. Kecepatan respon CS perlu menjadi perhatian dalam pemilihan penyedia layanan ini.

Keamanan dan kerahasiaan
Keamanan dan kerahasiaan memegang peranpenting pada penyimpanan online. Misalnya terdapatnya perlindungan khusus agar file tidak menyebar ke pengguna lain. Pilihlah penyedia layanan Cloud Storage yang kredible dan melengkapi Cloud Storage dengan keamanan ekstra dan enkripsi yang baik.

Kelengkapan dan fitur ekstra
Berbagai fitur ekstra juga menjadi perhatikan jika Anda akan menggunakan layanan Cloud Storage, misalnya kapasitas ekstra, keamanan ganda, email gratis, akses oleh banyak pengguna hingga diskon harga.

Lokasi dan kualitas server
Pertimbangan lokasi server adalah berkaitan dengan kecepatan akses internet. Dengan lokasi server yang jauh misalnya diluar negeri, maka koneksinya akan lebih lambat. Pemilihan server juga memperhatikan kualitas server bukan hanya spesifikasi server, namun juga uptime atau presentase lama online, jadwal maintenance, serta aspek-aspek lainnya.

Koneksi internet
Untuk mengakses, menyimpan data diperlukan koneksi internet. Gangguan yang dapat terjadi pada koneksi internet dapat bermasalah pada server, misalnya server down. Ada baiknya Anda menggunakan layanan mobile data berkualitas tinggi dan stabil misalnya jaringan CDMA2000 – 1x EVDO Rev A/B dari Smartfren.

Demikian Tips Menggunakan Layanan Cloud Storage. Semoga Tips Menggunakan Layanan Cloud Storagebermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan layanan Cloud Storage untuk penyimpanan data Anda secara online.


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...