Sabtu, 09 November 2013

Desain Komunikasi Visual (S-1)

Desain Komunikasi Visual (S-1)
Kurikulum / Mata Kuliah dan Prospektus (Profesi, Kompetensi, Karir Lulusan)
P2K (Program Perkuliahan Karyawan, Kelas Karyawan, Kuliah Karyawan/Pegawai, dan Ekstensi)


Nama Program Studi
:
Desain Komunikasi Visual (S-1)
Rumpun Ilmu
:
Ilmu Seni dan Desain atau Sains
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan
:
¤ Desain Komunikasi Visual
Gelar/Sebutan Lulusan
:
Sarjana Desain atau Sarjana Seni atau Sarjana Sains
Singkatan Gelar sesuai EYD
:
S.Ds. atau S.Sn. atau S.Si.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum)
:
SDs. atau SSn. atau SSi.
PTS Penyelenggara (silakan klik)
:
Beban Studi dan Masa Studi
:

Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Desain Komunikasi Visual
Beban Studi = 144 - 152 sks
Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Desain Komunikasi Visual
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Desain Komunikasi Visual
Beban Studi = dihitung dari sisa sks
Masa Studi =
Dihitung sisa sks
Kurikulum/Mata Kuliah
:
Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan)
:
Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Desain Komunikasi Visual (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda. 
Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi dan pencitraan, dengan tujuan sosial ataupun komersial melalui media grafik, elektronik, interaktif, maupun multimedia.

Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

Saat ini dunia kerja sangat kekurangan tenaga ahli di kedua bidang tersebut, sehingga lulusan kedua bidang tersebut umumnya langsung terserap di dunia kerja.
Kompetensi Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan seperti berikut ini.
§  Memiliki kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.
§  Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.
§  Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.
§  Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual.
§  Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi.
§  Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif.
§  Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.
§  Memiliki kemampuan bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain.
§  Memiliki kemampuan melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak.
§  Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat media audio visual
§  Memiliki kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif.
§  Memiliki kemampuan membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual.
§  Memiliki kemampuan menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual.
§  Memiliki kemampuan untuk mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
§  Memiliki kemampuan menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Desain Komunikasi Visual adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang desain komunikasi visual; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang desain komunikasi visual, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang desain komunikasi visual, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir di Advertising Agency, Graphic House/Studio, Television atau Broadcasting, Photography and Video Production, Publisher, Brand Consultancy, Web Design atau Multimedia Design, Production House, Institusi Pendidikan, Animator, 3D Artist, VFX Artist, Game Design, dan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional / luar negeri) :
§  Sebagai Desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal dan matang dalam konsep serta desain yang up to date.
§  Sebagai Art Director, yang membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan.
§  Sebagai Creative Director, yang bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk.
§  Sebagai Graphic Designer, yaitu tenaga ahli profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain.
§  Sebagai Multimedia Designer, yang membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya.
§  Sebagai Commercial Artist, yang mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media.
§  Sebagai Akademisi (Dosen, Pembimbing/Pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, sekolah, balai pelatihan, dsb).
§  Sebagai Peneliti di berbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.
§  Dsb.

Sarjana Desain Komunikasi Visual juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerjayang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb. 
Mata Kuliah S1 Desain Komunikasi Visual
* = Mata Kuliah Pilihan 
Mata Kuliah
SKS
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris I
2
Bahasa Inggris II
2
Bahasa Inggris III *
2
Bahasa Inggris IV *
2
Desain dan Teknologi Kemasan
2
Desain dan Teknologi Kemasan UKM I
2
Desain dan Teknologi Kemasan UKM II
2
Desain Elementer I
3
Desain Elementer II
3
Desain Komunikasi Visual I
4
Desain Komunikasi Visual II
5
Desain Komunikasi Visual III
6
Desain Komunikasi Visual IV
6
Desain Komunikasi Visual V
6
Desain Web I
3
Desain Web II
3
Estetika
2
Estimasi Biaya
2
Fotografi Desain I
2
Fotografi Desain II
2
Ilustrasi I
2
Ilustrasi II
2
Kerja Profesi (Magang)
2
Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis
3
Komputer Grafis I
4
Mata Kuliah
SKS
Komputer Grafis II
4
Manajemen Pemasaran
3
Media Pamer Panjang
3
Menggambar Bentuk I
3
Menggambar Bentuk II
3
Menggambar Teknik I
3
Menggambar Teknik II
3
Methodologi Desain
2
Metodologi Penelitian
2
Muamalah dan Etika
2
Pendidikan Agama
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
Periklanan Untuk UKM
4
Psikologi Persepsi
2
Sejarah Seni Rupa dan Desain
3
Seminar (Presentasi Bisnis)
4
Seminar Tugas Akhir
1
Semiotika dan Komunikasi Bisnis
3
Teknologi Produksi Grafika I
2
Teknologi Produksi Grafika II
2
Teknologi Produksi Grafika III
3
Tinjauan Desain Komunikasi Visual I
2
Tinjauan Desain Komunikasi Visual II
2
Tipografi I
2
Tipografi II
3
Tugas Akhir
7


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...