Jumat, 10 Juli 2015

Ayah Stres Saat Istri Hamil Hati-hati Pengaruhi Perilaku Anak




Mungkin Moms sudah pernah tahu jika kesehatan dan perkembangan anak bisa dipengaruhi oleh kesehatan mental ibu saat hamil dan setelah melahirkan. Lalu bagaimana dengan kesehatan mental ayah? Apakah juga berpengaruh?
Seperti yang diulas medicalnewstoday.com bahwa kondisi ayah yang cenderung cemas dan emosional saat istrinya sedang hamil juga berpengaruh pada kesehatan emosi dan perilaku anak. Hasil yang telah dipublikasikan di jurnal Pediatrics ini didapat dari penelitian pada 31.000 lebih anak Norwegia dan orang tuanya.
Peneliti mewawancarai si ayah ketika ibu sedang hamil 4-5 bulan. Mereka ditanyai tentang kondisi mental mereka seperti apakah mereka merasa cemas, takut, atau tertekan. Selain itu, mereka juga ditanya apakah mereka sering mengalami pergantian mood atau bahkan pernah bertengkar.
Hasil menunjukkan bahwa anak umur 3 tahun yang sering mengalami masalah dengan emosinya adalah anak dari ayah yang sering mengalami stres atau kesehatan mental yang tidak terlalu baik. Jadi, seperti ada pola yang membuat emosi anak juga terganggu.
Saat si ayah sering atau sedang mengalami stres, si ibu bisa terpengaruh dengan kondisi atau terbawa suasana yang menyebabkan hormon pada ibu juga keluar. Hormon ini bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan si ibu misalnya dan berujung pada kesehatan mentalnya. Dan akhirnya mempengaruhi kesehatan mental si bayi.
So, kalau suami Anda sedang ada masalah, Moms mungkin bisa membantunya relaks dan memecahkan masalahnya dengan tenang. Orang tua sehat, anak juga ikut sehat.
Oleh: Agit Diyanita


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...