Senin, 13 Juli 2015

Tips Aman Menggunakan WiFi Hotspot Gratis di Tempat Umum


Seiring dengan meningkatnya penggunaan tablet dan smartphone, kebutuhan akan akses internet pun terus bertambah. Hal ini pun semakin didukung dengan banyaknya bermunculan WiFi hotspot gratis yang bisa dijumpai di berbagai tempat. Terutama pada saat berada di tempat umum.

kredit:wakamaya
Namun saat menggunakan WiFi hotspot gratis di tempat umum tentunya harus berhati-hati. Terlebih ketika smartphone, tablet ataupun notebook yang digunakan menyimpan berbagai data penting dan sensitif. Akan sangat merugikan kalau data-data tersebut tiba-tiba berpindah tangan tanpa sepengetahuan kita bukan? Untuk itu perlu hati-hati dalam mengakses hotspot gratisan yang ada.
Sebagai tindakan preventif, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pada saat menggunakan WiFi hotspot gratis di tempat umum. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:
Mematikan sharing data


kredit: CNET
Hal pertama yang dilakukan adalah mematikan fitur sharing serta printer di komputer. Sebagai tambahan, bisa pula menyalakan firewall sebagai langkah pengaman tambahan.
Menggunakan VPN
Virtual private network (VPN) menjadi solusi yang aman pada saat berselancar memakai akses internet WiFi hotspot gratis. Sebuah aplikasi client VPN pun memberikan jaminan akses browsing internet dalam kondisi terenkripsi. Beberapa layanan VPN yang bisa dipakai antara lain adalah SecurityKISS, CyberGhost dan lain-lain.
Gunakan HTTPS
Untuk browsing dalam kondisi yang lebih aman, setidaknya bisa memakai HTTPS. Kalau ingin secara otomatis browsing memakai HTTPS, salah satu ekstensi yang bisa dipakai adalah HTTPS Everywhere yang tersedia baik untuk Chrome, Firefox Android, Firefox ataupun Opera.
Mengaktifkan two-factor authentification
Untuk berjaga-jaga, mengaktifkan fitur two-factor authentification juga bisa memberikan rasa aman. Beberapa layanan yang mendukung fitur ini antara lain adalah Gmail, Twitter ataupun Facebook.
Hapus jaringan WiFi setelah tak digunakan


kredit: skdavetaylor
Langkah preventif terakhir yang bisa dilakukan untuk tetap aman ketika berselancar memakai hotspot gratisan adalah dengan menghapus jaringan WiFi setelah tak lagi digunakan. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah fitur Connect Automatically yang juga harus dimatikan


0 komentar

Posting Komentar

Pembaca Yang Cerdas Selalu Memberikan Jejak Komentar Tentang Artikel Komputer Ini, Bersaudara Lebih Indah Dari Pada Bermusuhan, Dengan Anda Memfollow & Like Di blog Ini Kita Semua Bersaudara & Jangan Lupa saling Membantu. Thank YOU...